PENGENALAN WEB SCIENCE

 PENGENALAN WEB SCIENCE

 





1. Apa yang anda ketahui tentang web science dan berikan contohnya!

  • Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.

Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Secara singkat, Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis.

Contoh Web Science : 

  • Di bidang Pendidikan : Dimana setiap institusi pendidikan seperti sekolah, Universitas dll sudah menerapkan web science disitus web mereka yang memudahkan peserta didik maupun mahasiswa mengaksesnya dengan mudah.
  • Di bidang Komersil : Setiap pengusaha maupun pembisnis memanfaatkan web science guna untuk menaikkan usaha mereka maupun bisnis mereka agar para konsumen puas dengan layanan yang diberikan.
  • Di bidang Sosial : Pada era sekarang ini, banyak sekali orang yang memanfaatkan web science untuk saling berinteraksi, transaksi jual beli maupun hal-hal yang menyangkut pribadi mereka masing-masing guna untuk menaikkan popularitas mereka.

 


 

2. Jelaskan tentang sejarah web science!

  • Web yang banyak muncul pada jaman sekarang dulunya ditemukan oleh seorang bernama Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertama kali muncul pada tahun 1991. Alasan Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. dan hingga kini penemuan ini menjadi sangatlah penting sifatnya dalam dunia perkembangan sebuah internet.

Web Science sendiri didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.

Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.

Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.

3. Apa perbedaan web 1.0 web 2.0 dan web 3.0 dan web terkini dan berikan contohnya!

  • Web 1.0

Web 1.0 merupakan teknologi web yang pertama kali digunakan dalam aplikasi world wide web, atau ada yang menyebut web 1.0. sebagai www itu sendiri yang banyak digunakan dalam situs web yang bersifat personal. Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:

 Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi.
Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens.
Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.
Contoh : Berbagai Website seperti situs “Page View” atau situs  “mp3.com”.

Web 2.0
Web 2.0 adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi—yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna.

“Web 2.0 adalah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut. ” Prinsip-prinsip Web 2.0 :
Web sebagai platform.
Data sebagai pengendali utama.
Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi.
Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”).
Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta).
Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user.
Contoh : Situs yang menggunakannya Wikipedia, Google Adsense

Web 3.0
Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.Dalam era web 3.0, pengembangan aspek interaksi sebuah web mulai dipertimbangkan.. Bagaimana sebuah web dapat memberikan sebuah interaksi sesuai dengan kebutuhan informasi setiap pemakaianya, merupakan sebuah tantangan utama dikembangkannya versi Web 3.0 ini.

Web  ini bisa dibilang sangat care dengan kebutuhan kita karena menyediakan apa saja yang kita butuhkan. Contoh sederhana, dengan dukungan teknologi 3-D animasi, kita bisa membuat profil avatar sesuai karakter kita kemudian melakukan aktivitas di dunia maya layaknya kehidupan sehari-hari kita di dunia nyata, mulai dari jalan-jalan, ke mall, ke book store, bercakap-cakap dengan teman lain, dsb.

Kalau bisa disimpulkan, Web 3.0 adalah dunia virtual kita. Dia mampu memberi saran dan nasehat untuk kita disamping menyediakan apa yang kita butuhkan. Memang, ini menjadi salah satu keunikan dari Web 3.0 karena konsep dasar yang digunakannya adalah manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Misal, kita bisa meminta Web mencari suatu data spesifik tanpa perlu kita susah payah mencari satu per satu dalam situs-situs Web Hasil yang diberikan pun juga relevan.
Contoh : 
Semantic Web (Contoh knowledge graph)
Artificial Intelegence (Siri)
Realtime comunication & colaboration (Google docs, Google Wave)
Augment Reality (Layar, aplikasi di android)
Computer generated Information (Contoh Wolfram Alpha)
HTML5 dan Cloud teknologi

 

 

4. Sebutkan dan jelaskan metodologi web science serta berikan contohnya!

  • Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.

 

  1. Metodologi Pemetaan (Mapping) dan Graph
    Pada metode ini, struktur Web dengan sampling merupakan kunci utamanya.
Metodologi model analisis
Metode ini mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas.





Sumber Referensi: 
http://herlinahan.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-web-science.html
http://camillainsaniputri.blogspot.co.id/2013/04/definisi-web-science.html

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Informasi Manajemen pada KFC

Dampak IPTEK untuk Kemiskinan