TUGAS V-CLASS SOFTSKILL PERTEMUAN 5
1. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang dari google analytic
Sebenarnya apa itu Google Analytics? Menurut istilah sendiri, Google Analytics (GA) adalah tool berbasis analitik yang dikembangkan untuk menampilkan data trafik web secara berkala dengan berbagai metrik yang ada. Selain itu, GA juga menyediakan berbagai data terkait informasi performa beberapa halaman situs mulai dari trafik, demografi, konten populer, user flow, dan lain sebagainya.
2. Jelaskan dan berikan contoh fungsi-fungsi dari google analytic
Fungsi yang Dimiliki Google Analytics
Berikut ini merupakan beberapa fungsi serta manfaat setelah anda menggunakan Google Analytics untuk menunjang kampanye bisnis dan peningkatan revenue perusahaan secara optimal.
1. Reporting
Di dalam GA sendiri, menyediakan laporan data secara akurat dari sudut pandang website yang berpedoman pada teknik SEO (Search Engine Optimization). Tampilan hasil reporting data dapat ditampilkan melalui dukungan grafik dan diagram yang memudahkan anda dalam membaca dan memahami setiap metrik yang ada.
2. Menyajikan Fitur Analisis Akurat
Kedua, sajian fitur analitik dalam GA memiliki tingkat keakuratan yang tinggi apabila anda mengkomparasikan dengan penggunaan GSC atau Google Search Console. Jika data GSC lebih mengarah pada sudut pandang dari sisi mesin pencari, maka GA mempunyai sudut pandang dari segi SEO dan website itu sendiri.
3. Memvisualisasikan Data secara Terstruktur
Ketiga, bentuk visualisasi data sangatlah mudah dan dapat anda kelola sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain itu, anda juga dapat mengakses GA dalam perangkat mobile (perangkat Android dan iOS) atau tablet. Proses penggambaran alur data menjadi lebih jelas dan anda dapat menentukan beberapa parameter yang benar – benar dibutuhkan oleh bisnis atau produk.
4. Monitoring Data Collection and Management
Dan yangkeempat, Google Analytics juga mendukung penggunaan dari library JavaScript, SDK Application, serta Open Measurement Protocol. Protokol tersebut dapat memungkinkan anda dalam mengimpor data pada berbagai macam aplikasi pihak ketiga dengan menghubungkan jaringan internet.
3. Jelaskan dan berikan contoh fitur-fitur dari google analytic
Fitur dan Istilah Penting
Setelah memahami pengertian dan fungsi dari GA, selanjutnya anda juga harus mengetahui beberapa fitur dan istilah penting terkait tools analytics ini.
1. Overview
Istilah yang pertama adalah organizations, yang memiliki fungsi untuk mengelompokkan berbagai kebutuhan produk serta metrik untuk diukur ke dalam satu folder saja. Kemudian, terdapat account untuk menangani keperluan pembuatan akun ke dalam layanan analytics.
Selanjutnya, property memiliki sebutan sebagai objek yang setiap matriksnya dipantau dan dianalisa ke dalam GA. Objek tersebut dapat berupa website, web app, ataupun mobile apps. View adalah istilah lain yang mendefinisikan sebuah data spesifik yang diinginkan oleh pengguna pada property. Dan yang terakhir terdapat istilah penting seperti bounce rate yang berarti jumlah persentase user yang meninggalkan halaman website tanpa melakukan interaksi apapun di dalamnya.
2. Audience
Fitur yang selanjutnya adalah menu Audience, dimana menampilkan beberapa matriks penting seperti laporan data demografi, informasi geografis dari pengunjung, teknologi, hingga bahasa yang digunakan.
3. Acquisition
Menu ini berfungsi untuk memberitahukan mengenai hal apa saja yang ingin diketahui terkait faktor penting yang membuat user atau web visitor masuk dan mengunjungi website anda. Anda juga dapat menghubungkan tools analytics ini dengan teknologi Google Adwords untuk mengetahui beberapa aspek terkait PPC (Pay Per Click).
4. Behavior
Pada menu ini akan ditampilkan terkait konten situs anda seperti tampilan informasi berkaitan dengan halaman web teratas, exit page, average time per page, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mendapatkan data yang berhubungan dengan keyword (kata kunci) yang paling banyak dicari oleh user dan page speed setiap halaman web anda.
5. Conversions
Fitur yang terakhir adalah Conversions, untuk melihat berapa banyak jumlah konversi yang diterima oleh website dan URL anda. Bentuk konversi ini dapat diperoleh melalui organic search, medium, dan media sosial.
Comments
Post a Comment